Rabu, 07 Desember 2016

Ciri-Ciri Media Pendidikan

Gerlach & Ely (1971) mengemukakan tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa-apa saja yang dapat dilakukan oelh media yang mungkin guru tidak mampu (atau kurang efisien) melakukannya.

a.       Ciri Fiksatif (Fiksatif Property)
Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan dam merekonstruksikan suatu peristiwa atau objek. Suatu peristiwa atau objek dapat diurut dan disusun kembali dengan media seperti fotografi, video tape, audio tape, disket computer, dan film. Suatu objek yang telah diambil gambarnya (direkam) dengan kamera atau video kamera dengan mudah dapat direproduksi dengan mudah kapan saja diperlukan. Dengan cara fiksatif ini, media memungkinkan suatu rekaman kejadian atau objek yang terjadi pada satu waktu tertentu ditansportasikan tanpa mengenal waktu. Ciri ini amat penting bagi guru karena kejaian atau objek yang telah direkam atau disimpan dengan format media yang ada dapat digunakan setiap saat.
b.      Ciri Manipulatif (Manipulative Property)
Transformasi kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulative. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar time-lapse recording. Misalnya, bagaimana proses larva menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu dapat dipercepat dengan teknik rekaman fotografi tersebut.
c.       Ciri Distributif (Distributive Property)
Ciri distributive dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimuluspengalaman yang relative sama mengenai kejadian itu. Sekali informasi direkam dalam format apa saja, ia dapat direproduksi seberapa kali pun dana siap digunakan secara bersamaan di berbagai tempat atau digunakan secara berulang-ulang di suatu tempat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar