Sabtu, 17 Desember 2016

Pengaruh Iklan dalam Praktik Komunikasi


      Berbicara tentang pengaruh ekonomi terhadap praktik komunikasi tidak bisa dilepaskan dari pembahasan tentang iklan. Iklan adalah pendukung ekonomi utama untuk meningkatkan kualitas dari fungsi informasi dan hiburan dari komunikasi massa. Karena dari iklan lah media mendapatkan dukungan keuangan baik dari sector pemerintahan dan politik, maka tak heran apabila dikatakan bahwa media sangat bergantung dengan sektor komersil.
           Tekanan ekonomi yang timbul akibat dampak dari pengaruh iklan dapat dilihat sedikitnya di tiga area:
1.      Jumlah dari materi komersil yang dapat menentukan lamanya iklan tersebut dapat ditampilkan (spot) bukan pada saat jatah untuk iklan melainkan untuk berita ataupun hiburan.
2.      Pemotongan anggaran untuk iklan dari para klien yangdisebabkan oleh resesi ekonomi, atau penglokasian dana iklan dari suatu media ke media lainnya sangat mempengaruhi perekonomian suatu institusi media. Jika mengalami pergolakan finansial seperti ini divisi pemberitaan akan mengencangkan budget yang ada . keadaan seperti ini akan berdampak pada penurunan mutu tulisan.
3.      Pesan-pesan komersial akan mempengaruhi isi dari pesan yang bukan komersial dan otomatis juga memberi tekanan kepada para pimpinan media. Pemasang iklan dapat langsung bereaksi bahkan sampai dengan penarikan iklan mereka dari surat kabar jika ada suatu hal yang tidak menyenangkan dari pemasang iklan.
Tujuan dari iklan adalah mempengaruhi sesorang dalam suatu lingkaran. Organisasi media  yang masih dalam skala kecil terkadang mengalah terhadap permintaan para pemasang iklan seperti menolak suatu berita atau program yang dianggap menyerang jaringan para pemasang iklan. Pemasang iklan juga dapat menyerang program dengan iklan-iklan produk mereka dan para pimpinan media juga tidak dapat menolaknya. Besar dan stabilnya suatu institusi media karena digencarkan oleh serangan iklan-iklan bahkan kepentingan jurnalistk pun kadang-kadang dikorbankan atas nama kenyataan ekonomi. Sisi positifnya adalah dengan adanya iklan, media tidak tergantung secara finansial kepada pemerintahan atau kekuatan politik.
Tekanan ekonomi yang timbul dari pegaruh iklam setidaknya dilihat dari tiga cara:
1.      Jumlah materi komersil mengurangi spot berita atau hiburan.
2.      Pemotongan/pembatalan anggaran untuk iklan dri para klien sangat mempngaruhi perekonomian suatu institusi media.
3.      Pemasang iklan dapat langsung bereaksi bahkan sampa pada penarikan iklan apabila ada sesuatu yang tidak menyenangkan mereka.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar