Berbicara tentang pengaruh ekonomi
terhadap praktik komunikasi tidak bisa dilepaskan dari pembahasan tentang
iklan. Iklan adalah pendukung ekonomi utama untuk meningkatkan kualitas dari
fungsi informasi dan hiburan dari komunikasi massa. Karena dari iklan lah media
mendapatkan dukungan keuangan baik dari sector pemerintahan dan politik, maka
tak heran apabila dikatakan bahwa media sangat bergantung dengan sektor
komersil.
Tekanan
ekonomi yang timbul akibat dampak dari pengaruh iklan dapat dilihat sedikitnya
di tiga area:
1. Jumlah
dari materi komersil yang dapat menentukan lamanya iklan tersebut dapat
ditampilkan (spot) bukan pada saat jatah untuk iklan melainkan untuk berita
ataupun hiburan.
2. Pemotongan
anggaran untuk iklan dari para klien yangdisebabkan oleh resesi ekonomi, atau
penglokasian dana iklan dari suatu media ke media lainnya sangat mempengaruhi
perekonomian suatu institusi media. Jika mengalami pergolakan finansial seperti
ini divisi pemberitaan akan mengencangkan budget yang ada . keadaan seperti ini
akan berdampak pada penurunan mutu tulisan.
3. Pesan-pesan
komersial akan mempengaruhi isi dari pesan yang bukan komersial dan otomatis juga
memberi tekanan kepada para pimpinan media. Pemasang iklan dapat langsung
bereaksi bahkan sampai dengan penarikan iklan mereka dari surat kabar jika ada
suatu hal yang tidak menyenangkan dari pemasang iklan.
Tujuan dari
iklan adalah mempengaruhi sesorang dalam suatu lingkaran. Organisasi media yang masih dalam skala kecil terkadang
mengalah terhadap permintaan para pemasang iklan seperti menolak suatu berita
atau program yang dianggap menyerang jaringan para pemasang iklan. Pemasang
iklan juga dapat menyerang program dengan iklan-iklan produk mereka dan para
pimpinan media juga tidak dapat menolaknya. Besar dan stabilnya suatu institusi
media karena digencarkan oleh serangan iklan-iklan bahkan kepentingan
jurnalistk pun kadang-kadang dikorbankan atas nama kenyataan ekonomi. Sisi
positifnya adalah dengan adanya iklan, media tidak tergantung secara finansial
kepada pemerintahan atau kekuatan politik.
Tekanan ekonomi
yang timbul dari pegaruh iklam setidaknya dilihat dari tiga cara:
1. Jumlah
materi komersil mengurangi spot berita atau hiburan.
2. Pemotongan/pembatalan
anggaran untuk iklan dri para klien sangat mempngaruhi perekonomian suatu
institusi media.
3. Pemasang
iklan dapat langsung bereaksi bahkan sampa pada penarikan iklan apabila ada
sesuatu yang tidak menyenangkan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar